Riana Indrawati

Guru Kelas 1

Saya bergabung dengan FIS sejak tahun 2011. Pada awalnya, saya mengajar mata pelajaran PPKn dan Bahasa Indonesia di kelas 2. Dua tahun kemudian saya mengajar di kelas 3, 4 dan 5. Dari tahun 2016 sampai sekarang, saya dipercaya mengajar di kelas 1 sebagai guru Bahasa Inggris dan Matematika.

Mengajar di level bawah, seperti kelas 1 menjadi tantangan yang menyenangkan untuk saya. Kelas 1 berisi murid-murid usia 6-7 tahun di mana usia tersebut adalah usia potensial untuk mengembangkan kemampuan akademik maupun sikap mereka. Pada usia peralihan dari TK tersebut, saya harus benar-benar mengerahkan kreativitas saya untuk membuat mereka mempunyai learning habit yang baik. Tidak hanya pembelajaran yang aktif dan kreatif, isi dari pembelajaran pun juga harus tepat dan akurat agar basic concept siswa dapat dibangun dengan sangat baik. 

Basic concept yang tepat dan kuat menjadi modal mereka di level-level selanjutnya sehingga harus benar-benar ditanamkan dengan tepat. Selain memperhatikan kualitas pembelajaran, tentunya saya juga harus memprioritaskan perkembangan sikap siswa. Sikap seperti toleransi, kerja sama, berkomunikasi yang baik, sampai kerja sama perlu dibiasakan secara konsisten dari kelas 1 sehingga dapat membentuk karakter siswa yang baik.

Saya percaya menjadi seorang guru berarti tidak akan berhenti belajar. Dengan menjadi guru yang terus meng-update pengetahuan dan kemampuan, saya yakin bisa menciptakan pembelajaran yang berkualitas di FIS. Saya bersyukur, FIS selalu memfasilitasi guru-guru dengan training maupun learning sources yang menunjang tugas saya sebagai pengajar. Bagi saya, FIS lebih dari sebuah sekolah tempat saya mendidik siswa, FIS juga mendidik saya pribadi menjadi guru yang profesional.