Primary

Kurikulum FIS Primary

Focus Independent School (FIS) Primary merupakan sekolah nasional unggulan yang sangat mengutamakan mutu pendidikan terutama dalam bidang akademis, pengembangan keterampilan, dan pendidikan karakter. FIS Primary menggunakan Kurikulum 2013 sebagai kurikulum nasional dari pemerintah serta International Primary Curriculum(IPC) sebagai kurikulum unggulan yang membedakan FIS dengan sekolah lain. FIS Primary menggunakan buku-buku yang menerapkan kurikulum Cambridge untuk mata pelajaran Matematika, Sains, dan Bahasa Inggris.

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang dipakai di FIS Primary mengacu pada Standar Nasional Pendidikan yang telah ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Sedangkan kurikulum IPC (International Primary Curriculum) merupakan kurikulum yang berwawasan internasional, tematik, cross-curricular, yang digunakan di banyak negara. Semua proses pembelajaran dilakukan dengan cara yang menyenangkan dan menekankan pada tujuan belajar. IPC memiliki tiga tujuan pembelajaran, yaitu: subject goals, personal goals dan international goals. Subject goals mencakup pengetahuan dan pemahaman tentang Language Arts, Mathematics, Science, ICT, Technology, History, Geography, Music, Physical Education, Art and Society. Personal goals menitikberatkan pada pembentukan karakter yang diperlukan siswa pada abad 21, meliputi: enquiry, resilience, morality, communication, thoughtfulness, cooperation, respect and adaptability. International goals membantu siswa untuk memiliki ‘international mindednesses. Pola pikir ini mendorong siswa untuk menyadari apa yang terjadi di sekitar mereka dan bagaimana meresponnya. Detail tentang IPC dapat dilihat pada www.greatlearning.com.

Keunggulan FIS Primary

Selama belajar di FIS Primary, para siswa akan didampingi oleh guru-guru yang profesional. Proses pembelajaran akan terpantau dengan lebih baik karena di setiap kelas terdapat dua orang wali kelas yang membantu perkembangan belajar siswa. Dalam menjalankan tugasnya, guru kelas dibantu oleh guru-guru spesialis mata pelajaran Mathematics (P4-P6), Pendidikan Agama, Bahasa Mandarin, Arts, Bahasa Jawa, dan Pendidikan Jasmani. 

Untuk menunjang proses belajar mengajar di sekolah, para siswa akan mendapatkan Structured Homework (PR yang terstruktur) setiap hari Senin dan Kamis. PR diberikan dalam bentuk Numeracy (K13, IPS, Matematika, dan Sains) dan Literacy (K13, Bahasa Indonesia, PKn, dan Bahasa Inggris).

Selain kemampuan akademis, talenta para siswa juga akan semakin terasah dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler. Ekstrakurikuler tersebut meliputi menggambar dan menari tarian tradisional (P1); menyanyi dan English Club drama (P2); Kristik dan comic strip (P3); menari tarian kontemporer Indonesia dan komputer (P4); basket dan creative writing(P5); robotik (P6).

Keunggulan lain yang dimiliki oleh FIS Primary adalah pelaporan hasil belajar para siswa yang dilakukan secara berkala kepada orang tua. Format laporan yang akan diberikan terdiri dari:

  • Akhir Term 1 Portofolio
  • Akhir Term 2 Buku Rapor (Rapor Diknas dan Rapor FIS)
  • Akhir Term 3 Student Led Conference
  • Akhir Term 4 Buku Rapor (Rapor Diknas dan Rapor FIS).