Esti Yudianingsih

guru bahasa indonesia kelas 5

Saya bergabung di FIS sejak bulan Januari 2011. Saya bangga menjadi pengajar di Focus Indepedent School.

Selama hampir 9 tahun menjadi guru di FIS, saya memiliki banyak pengalaman berharga. Salah satunya adalah saya pernah 6 tahun menjadi guru Bahasa Indonesia di kelas 6. Setiap tahun saya bersama tim harus mendampingi dan mempersiapkan UN anak-anak kelas 6. Sebuah prestasi yang membanggakan karena anak-anak berhasil mendapatkan hasil yang bagus untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia pada waktu itu.

Kini saya mengajar Bahasa Indonesia di kelas 5. Tantangannya berbeda lagi. Saya selalu antusias mengajar Bahasa Indonesia di level manapun karena mengajar adalah dunia yang sangat saya cintai.

Mengajar Bahasa Indonesia memiliki makna tersendiri bagi saya. Sebagai bahasa persatuan, sudah selayaknya setiap siswa memiliki kemampuan berbahasa Indonesia yang baik dan benar. Selain itu, apabila siswa menguasai Bahasa Indonesia dengan baik, maka akan membantu siswa tersebut memahami materi pelajaran lain dengan lebih mudah.

Saat mengajar, saya harus selalu berhati-hati dalam memilih aktivitas dan strategi mengajar. Saya harus mempertimbangkan dengan matang apakah kegiatan yang saya pilih dibutuhkan siswa atau tidak. Selain itu saya juga harus memikirkan apakah topik yang saya berikan akan menyenangkan dan menarik minat siswa. Saya juga harus memikirkan apakah siswa mudah menerima materi dan bisa menggunakan materi yang saya ajarkan. Fokus saya adalah saya ingin anak-anak mengalami perubahan sikap, peningkatan skill, dan perbaikan pola pikir setelah mengalami proses belajar Bahasa Indonesia bersama saya.