ELISABETH PUTRI UTAMI

guru eyp

Nama saya Sasa, saya bergabung dengan Focus Independent School sejak tahun 2012. Sebelumnya saya bekerja di Palm Kids School Palembang sebagai guru mulai tahun 2009-2012. Meskipun saya memiliki pengalaman mengajar yang lumayan lama di Palembang, namun mengajar di FIS sangat berbeda. FIS adalah Sekolah Terbaik dan unik. Saya harus mulai belajar lagi dari nol hingga menjadi guru seperti sekarang ini.

Mengajar di FIS membuat saya mengalami salah satu nilai yang diajarkan oleh Ki Hajar Dewantara yaitu, “jadikan setiap tempat sekolah dan jadikan setiap orang guru”. Semua tempat di FIS adalah tempat belajar. Di lobi, kita bisa belajar untuk menunggu dengan gembira, di halaman belakang kita bisa belajar menghitung kerikil sambil bermain peran. Selain itu semua orang di FIS adalah guru untuk yang lainnya. Siswa bisa belajar dari guru, guru banyak belajar dari siswa, dan seterusnya.

FIS tidak pernah absen dalam memompa guru-gurunya supaya mengeluarkan potensi terbaiknya melalui Learning Center. Hal ini sejalan dengan prinisp hidup saya yaitu tidak pernah berhenti belajar. Saya setuju dengan prinsip FIS bahwa apabila guru memiliki kualitas bagus, pasti muridnya akan lebih bagus.

Satu hal lain yang sangat saya sukai dari FIS adalah perihal independent learning. FIS mendidik guru-gurunya supaya menjadi independent learner. Seorang pembelajar mandiri adalah orang yang menganggap belajar bukan sebagai kewajiban tetapi kebutuhan. Saya ingin mendidik murid-murid saya menjadi independent learners.