CHOMSA YAHYA

GURU VISUAL ART Kelas 1 – 3

Nama saya Chomsa Yahya, guru Visual Arts. Murid-murid saya memanggil saya Mr Chomsa. Saya belajar seni di Universitas Sebelas Maret Surakarta. Saya bergabung dengan Focus Independent School sejak 2011. Tahun ini genap 9 tahun saya mengajar salah satu cabang Visual Arts.

Visual Art termasuk salah satu pelajaran yang digemari oleh anak-anak FIS, selain matermatika dan sains. Seni Visual atau Visual Arts adalah seni yang dapat dinikmati menggunakan indra penglihatan (mata) yang meliputi ruang dan wujud, misalnya seni lukis, seni gambar, seni patung, seni tari, dsb. Visual Arts yang saya ampu adalah seni lukis dan seni gambar 3 dimensi.

Mengajar Visual Arts memerlukan perencanaan yang matang. Saya harus berhasil menstimulasi kreatifitas anak, melatih, menjalani dan menghargai sebuah proses “menjadi”. Setiap anak dilahirkan memiliki kepribadian yang unik, oleh sebab itu setiap anak memiliki kesempatan menciptakan kreasi seni sesuai dengan karakter dan kepribadiannya tersebut.

Saya sangat menyukai pekerjaan saya. Pekerjaan saya memungkinkan saya untuk mengasah potensi-potensi yang saya miliki dan membuat saya memiliki creative critical thinking. Jaman sekarang, memiliki critical thinking saja tidak cukup, harus dilengkapi dengan kata creative. Creative critical thingking diperlukan oleh anak untuk menghadapi masa depan mereka dan creative critical thinking dipelajari di Visual Arts.

Saya berterimakasih kepada FIS karena diberi ruang dan waktu untuk belajar. FIS memberikan kesempatan yang sangat besar bagi guru-guru untuk meningkatkan kemampuannya. Learning environment sangat terasa sehingga belajar sudah menjadi kebutuhan saya.