Blog Detail

Secondary 1 : Mendeskripsikan Objek

Secondary 1 : Mendeskripsikan Objek

Aktivitas pelajaran Bahasa Indonesia untuk siswa S1 minggu ini adalah mempelajari teks deskripsi. Setelah memiliki pemahaman yang baik tentang teks deskripsi, siswa berlatih menulis teks deskripsi.

Siswa diminta mendeskripsikan tempat-tempat yang ada di lingkungan sekolah. Siswa memilih objeknya, membuat kerangka teksnya, menggali informasi dan data, kemudian mengembangkannya menjadi teks deskripsi yang utuh. Untuk memperoleh data, siswa mengamati objek secara langsung, mencari informasi, dan mengolahnya menjadi data yang terkait dengan objek tersebut. Setelah itu, siswa menyusun teks deskripsi secara mandiri.

Teks deskripsi digunakan untuk menggambarkan sebuah objek tertentu, baik objek berupa orang, tempat, peristiwa, makhluk hidup, ataupun perasaan secara rinci dan jelas. Sebuah deskripsi ditulis berdasarkan hasil suatu pengamatan dan observasi, sehingga penulisannya dapat sesuai dengan fakta dan data yang sebenarnya terjadi. Hal tersebut tidak sekadar menjadi teori untuk dihafalkan oleh siswa, tetapi dapat dipraktikkan secara langsung. ***