What's New

Secondary 1 – Bahasa Indonesia: Menyajikan Tanggapan secara Lisan

Secondary 1 – Bahasa Indonesia: Menyajikan Tanggapan secara Lisan

Secondary 1 sedang belajar tentang buku fiksi dan nonfiksi. Siswa membaca buku kesuakaannya masing-masing, sesuai dengan buku pilihan mereka untuk Reading Program. Mereka telah mampu memahami isi buku yang dibaca dan membuat rangkumannya. Setelah itu, mereka diajak untuk menilai atau mengomentari buku tersebut dalam bentuk tanggapan secara lisan. Siswa diajak untuk memberikan penilaian terhadap bukunya masing-masing, baik dari segi isi, bahasa, maupun tampilan visualnya. Siswa diminta untuk mengungkapkan tanggapannya mengenai isi buku yang dibaca, bahasa yang digunakan dalam buku tersebut, dan penampilan visual bukunya. Siswa tampil di depan kelas secara bergantian.

Melalui aktivitas tersebut, siswa dapat membantu pendengar mengetahui isi buku yang dibaca, memberikan informasi mengenai kelebihan dan kekurangan buku tersebut, serta belajar untuk menyampaikan pengalamannya setelah membaca buku. Selain dapat mengasah keterampilan siswa dalam berbicara, aktivitas ini juga diharapkan mampu mendongkrak kecintaan siswa dalam membaca semua jenis buku. ***