
Primary 5 – Learning Project: Berteman, yuk!
Leapro atau Learning Program semester ini mengusung mata pelajaran Bahasa Indonesia, Pancasila dan Character Building. Learning target yang dituju adalah siswa dapat lebih toleransi terhadap perbedaan yang mereka temui sehari-hari dan lebih mengasah literasi mereka dengan membuat teks eksposisi. Siswa dibagi menjadi 21 kelompok, setiap kelompok terdiri dari 2 hingga 3 siswa.
Pada fase Look, Listen and Learn serta Ask Tons of Questions, siswa dikenalkan pada empat karakter manusia yaitu sanguin, melankolis, plegmatis, dan koleris. Guru juga melakukan recalling materi Teks Eksposisi sebagai media siswa dalam menulis artikel. Siswa kemudian mengikuti tes karakter secara mandiri dan melakukan wawancara dengan anggota kelompoknya untuk saling mengenal lebih dalam. Selanjutnya, pada fase Understanding the Problem dan Navigate the Idea, siswa menyusun draft Teks Eksposisi berdasarkan hasil wawancara dan proses empati antar teman. Mereka menemukan persamaan dan perbedaan yang kemudian dirangkai menjadi sebuah teks.
Pada fase Create Prototype, siswa mengubah teks tersebut menjadi artikel digital menggunakan aplikasi Canva. Mereka belajar bekerja sama menentukan tampilan dan isi artikel agar menarik dan mudah dibaca. Di fase Highlight and Improve, guru memberikan masukan untuk perbaikan. Akhirnya, pada fase LAUNCH, siswa mempresentasikan artikel selama dua menit dan mengikuti sesi tanya jawab selama tiga menit. Antusiasme siswa tinggi karena mereka tertarik mendengar cerita dari kelompok lain dan tak sabar mengajukan pertanyaan.
Kegiatan ini penting karena membantu siswa memahami materi Teks Eksposisi secara lebih mendalam sekaligus mengembangkan keterampilan komunikasi, empati, dan kerja sama. Respons siswa secara umum sangat positif; mereka tampak antusias dan menikmati proses, terutama saat berkolaborasi membuat artikel digital. Penggunaan IT seperti Canva menjadi alat bantu yang efektif untuk menyalurkan ide secara kreatif dan menarik, serta membuat pembelajaran lebih menyenangkan dan relevan dengan perkembangan zaman.
Artikel siswa dikompilasi menjadi sebuah e-magazine yang bisa diakses melalui tautan digital, kapan saja dan di mana saja oleh para siswa. Harapannya, dari kegiatan Leapro kali ini adalah siswa dapat lebih mengimplementasikan sikap toleransi terhadap segala perbedaan yang mereka temui, baik sekarang maupun di masa mendatang. Selain itu, siswa juga distimulasi untuk mempertajam kemampuan literasi mereka yang tidak hanya berdampak sekarang namun juga di masa depan mereka. ***




