
Primary 4 – Bahasa Mandarin: Cerita bergambar
Pada pembelajaran tema pertama di Term 2 ini, siswa P4 belajar untuk bercerita melalui gambar. Sebelumnya, mereka belajar bersama di kelas untuk memahami kosakata dan kalimat sederhana dalam sebuah teks bacaan. Kemudian, mereka diminta untuk menceritakan kembali isi dari teks bacaan tersebut melalui gambar yang telah disediakan. Para siswa diminta untuk menuliskan huruf Hanzi-Pinyin dan arti bahasa Indonesia pada setiap kalimat yang telah dibuat. Mereka juga diperbolehkan untuk menghias hasil karyanya sesuai dengan kreativitas masing-masing. Setelah selesai, para siswa mempresentasikan hasil karyanya dengan menggunakan nada dan pelafalan yang tepat. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap teks bacaan dalam bahasa Mandarin dengan cara yang lebih mudah dan menarik, yakni melalui media gambar. Selain itu, mereka juga diberikan kesempatan untuk belajar melafalkan kalimat panjang dengan pelafalan yang baik dan benar. ***



