Di kelas Pendidikan Pancasila, siswa P6 belajar mengenai hubungan sila-sila Pancasila beserta sikap pengamalan sila-sila Pancasila di kehidupan sehari-hari. Dalam mempelajari materi tersebut, siswa P6 mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, dimulai dengan mengingat kembali bunyi sila-sila Pancasila dan nilai luhur di dalam setiap sila. Setelah itu, siswa diminta untuk membuktikan bahwa sila-sila Pancasila saling terhubung satu sama lain dan nilai luhur di dalamnya sudah membudaya dalam kehidupan Masyarakat Indonesia. Siswa melakukan pembuktian dengan melakukan wawancara kepada guru dan anggota keluarga di rumah terkait kegiatan masyarakat yang diikuti dan sila Pancasila yang diamalkan saat mengikuti kegiatan masyarakat.
Di pembelajaran kelas Pendidikan Pancasila berikutnya, siswa P6 diajak membahas kembali hubungan sila-sila Pancasila yang diamalkan oleh guru dan anggota keluarga mereka saat mengikuti kegiatan masyarakat berupa kegiatan musyawarah atau gorong royong. Setelah itu, siswa diminta untuk mencari tahu mengenai sikap-sikap yang sesuai dengan pengamalan nilai-nilai Pancasila dengan mengamati video secara berkelompok. ***
Setelah mengamati video, siswa diajak berdiskusi mengenai fungsi Pancasila sebagai pedoman hidup bangsa sehingga siswa paham mengapa dalam kehidupan sehari-hari sikap dan perilaku kita harus sesuai dengan nilai-nilai luhur Pancasila.
Dalam rangkaian kegiatan terakhir, siswa merangkum pengetahuan mereka dalam bentuk infografis dan mempresentasikan di depan kelas.
Rangkaian kegiatan tersebut dilaksanakan untuk membangun koneksi dan memperkuat pemahaman siswa mengenai nilai-nilai luhur Pancasila dan pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
