Site icon Focus Independent School

Primary 6 – IPS: Kampanye Akbar Globalisasi

Beberapa waktu yang lalu, siswa P6 telah melalui serangkaian proses belajar seputar globalisasi. Dalam proses belajar tersebut, mereka mempelajari materi mulai dari pengertian globalisasi, bentuk-bentuk globalisasi, dampak positif dan negatif globalisasi, hingga cara melestarikan budaya di era globalisasi. Materi-materi tersebut dipelajari siswa melalui beberapa bentuk kegiatan, meliputi pemaparan materi, diskusi kelompok, dan proyek kelompok sebagai proses akhir pembelajaran.

Proyek akhir pembelajaran seputar globalisasi ini berupa kegiatan kampanye akbar, di mana siswa membagikan hasil belajarnya ke guru-guru primary. Kampanye akbar ini dipersiapkan siswa melalui diskusi dan pembagian tugas dalam kelompok. Media penyampaian materi dalam kampanye akbar serta reward untuk guru dalam sesi tanya jawab pun juga ditentukan siswa sendiri melalui diskusi kelompok. Siswa diberikan kebebasan untuk menentukan sendiri pembagian tugas sebagai MC, presenter, operator, dan penanya sesi tanya jawab dalam kampanye akbar kelas mereka.

Dalam pelaksanaan kampanye akbar, siswa yang mendapatkan tugas sebagai MC membuka acara dan memandu jalannya kegiatan, siswa yang bertugas sebagai presenter menjelaskan materi dengan memanfaatkan media yang dirancang kelompoknya, siswa yang bertugas sebagai operator membantu mengoperasikan laptop dan LCD untuk menampilkan video atau PPT yang digunakan, lalu siswa yang bertugas sebagai penanya dalam sesi tanya jawab memberikan sederetan pertanyaan seputar globalisasi kepada guru-guru yang hadir dan turut mengapresiasi jawaban guru dengan memberikan reward yang telah mereka sediakan.

Proyek akhir kampanye akbar ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk membagikan hasil belajar mereka melalui proses penggalian data dan diskusi mengenai kegiatan yang sesuai untuk membagikan pengetahuan tentang globalisasi. Kreatifitas juga ditunjukkan siswa dalam menuangkan pemahaman tentang globalisasi ke dalam bentuk media cetak seperti infografis dan media digital seperti PPT atau video, serta kemampuan siswa dalam memanfaatkan teknologi informasi. Sekaligus juga mengasah kemampuan siswa dalam berkomunikasi dan berkoordinasi serta bertanggung jawab dengan perannya sebagai anggota kelompok dan anggota kelas yang menggelar kampanye akbar. 

Dari sesi tanya jawab dengan guru di akhir kegiatan, siswa juga mendapatkan sudut pandang lain mengenai globalisasi yang semakin memperdalam pemahaman mereka tentang globalisasi.

Pengalaman siswa dalam belajar tentang globalisasi dan dalam kegiatan kampanye akbar, siswa-siswi P6 sebagai individu bagian dari masyarakat global akan memiliki bekal yang cukup dari segi pemahaman materi dan kemampuan praktis sehingga dapat menghadapi berbagai perubahan dan perkembangan di era globalisasi.

Exit mobile version