Di pembelajaran BI, siswa P2 belajar mengenai dongeng fabel. Untuk membangkitkan rasa ingin tahu mereka, di awal kegiatan guru meminta siswa menyimak video dongeng yang diputarkan guru. Setelah menyimak video, guru meminta mereka memberikan pendapat sesuai dengan pertanyaan yang diajukan oleh guru.
Guru memberikan pemahaman yang tepat mengenai pengertian dongeng fabel. Sebagai konfirmasi atas pemahaman siswa, guru memberikan tugas berupa membuat kamera dongeng fabel. Untuk membuat tugas ini, guru membagikan gambar kamera, template film kamera, dan judul dongeng kepada siswa. Mereka diminta untuk mengidentifikasi 4 gambar judul dongeng fabel dan menempelkannya ke template film kamera. Kemudian, siswa menyusun template gambar film ke gambar kamera sesuai dengan contoh.
Saat mengerjakan tugas, siswa bisa melakukan instruksi dengan tepat. Mereka pun menunjukkan antusias yang baik serta kemandirian. Melalui kegiatan ini, siswa tidak hanya belajar untuk mengidentifikasi dongeng fabel, namun mereka juga belajar untuk memahami instruksi serta menggunting gambar sesuai dengan pola.
Pengalaman belajar ini tidak hanya mampu membantu siswa untuk bisa mengidentifikasi dongeng berdasarkan jenisnya, tetapi juga membantu mereka untuk semakin termotivasi memiliki minat baca yang baik terhadap cerita dongeng. Selain itu, dengan belajar dongeng fabel mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan imajinasi mereka. Hal ini bisa menjadi modal belajar mereka untuk meningkatkan empati dan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari.
