Stephanie Sandra Andaka

GURU BAHASA INDONESIA – SECONDARY LEVEL

Nama saya Stephanie Sandra Andaka. Saya bergabung dengan FIS sejak tahun 2006. Selama tujuh tahun pertama di FIS, saya mengajar di level Primary. Selanjutnya saya menjadi guru Secondary hingga saat ini. Saya bangga menjadi pengajar di Focus Independent School.

Saat ini saya menjadi guru kelas Secondary 2 dan guru Bahasa Indonesia. Menjadi wali siswa Secondary 2 memiliki tantangan tersendiri; gampang-gampang susah. Kelas 8 bisa dibilang masa ‘tersantai’ siswa. Proses aqil baligh sangat terlihat di level ini. Ada kemunculan sikap memberontak, menolak, dan mulai menyukai lawan jenis. Di sinilah tantangannya, guru harus pintar beradaptasi dengan perubahan masa anak-anak ke masa remaja, dan juga tetap menjaga supaya anak-anak tetap fokus pada pelajaran dan belajar. Mereka harus berprestasi seiring dengan transisi kehidupan mereka.

Saya sangat menikmati menjadi guru Bahasa Indonesia. Banyak sekali hal baru yang harus saya pelajari setiap harinya untuk menambah ilmu dan wawasan saya dalam mengajar. Saya selalu menanamkan pada siswa supaya mengutamakan Bahasa Indonesia, melestarikan bahasa daerah dan menguasai bahasa asing.