Satriyo Yoga Aji Abdillah

Trainer in Class & Guru Kelas 3

Saat ini saya mengajar IPC (International Primary Curriculum) di kelas 3. Sebelumnya saya menjadi guru Bahasa Inggris di kelas 3 dan guru Pkn IPS di kelas 4. Sebelum bergabung di FIS pada tahun 2014, saya bekerja di Pasiad Turki Foundation. Cukup lama saya tinggal di Ozel Ufuk Okullari, Istanbul. Tugas saya pada saat itu adalah mengamati sistem pendidikan dan budaya di Turki.

Berbekal pengalaman melakukan pengamatan terhadap sistem pendidikan di Turki dan pengalaman mengajar yang cukup lama, FIS menunjuk saya menjadi salah satu Trainer in Class (TiC) pada tahun 2019. Sebagai TiC saya bertanggungjawab untuk mendampingi dan membimbing guru-guru baru supaya cepat beradaptasi, cepat memahami sistem, program, dan prosedur mengajar di FIS. Saya sangat menyukai pekerjaan ini karena saya dituntut untuk terus up to date terhadap perkembangan teknologi pendidikan, ilmu pengetahuan, dan perkembangan pembelajaran di sekolah-sekolah di seluruh dunia supaya guru-guru yang saya dampingi sukses menjadi pengajar yang baik di FIS.

Di FIS, semua guru dikondisikan untuk terus belajar. Seminar dan training secara berkala selalu diadakan untuk memperbaiki dan meningkatkan soft skill dan hard skill guru-guru dalam mengajar. Menurut saya, hal ini sangatlah tepat supaya guru-guru dapat melakukan transfer ilmu kepada murid-murid dengan lebih baik, sehingga murid bisa mendapatkan meaningful learning.

Saat saya mengajar, saya tidak hanya memberikan tambahan ilmu pengetahuan kepada murid-murid saya, tetapi juga membekali mereka dengan referensi tentang tingkah laku yang baik, sikap yang terpuji, kepribadian yang mumpuni, dan adaptive thinking yang baik, supaya anak-anak juga cerdas secara sosial emosional dan siap menghadapi perkembangan jaman yang semakin maju dan kompetitif.