What's New

Primary 5 – K13 PPKn : Belajar Sejarah Sumpah Pemuda

Primary 5 – K13 PPKn : Belajar Sejarah Sumpah Pemuda

Pada hari Kamis, 19 Januari 2023, siswa-siswi P5 belajar mengenai hari Sumpah Pemuda sebagai salah satu peristiwa penting yang dapat memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

Mereka diajak untuk berpikir kritis dengan mendiskusikan alasan mengapa tanggal 28 Oktober 2023 diperingati sebagai hari Sumpah Pemuda.

Sebelum konfirmasi atas jawaban siswa diberikan, mereka harus menyimak video tentang cerita sejarah peristiwa Sumpah Pemuda yang berjudul “Bersama Jadi Bisa-Hari Sumpah Pemuda”.

Selama mengamati video tersebut, siswa tampak antusias untuk mencari dan mendiskusikan poin-poin penting seperti: peristiwa seputar Sumpah Pemuda, nilai-nilai, dan manfaat peristiwa Sumpah Pemuda bagi bangsa Indonesia.

Gambar 1. Siswa-siswi P5 menyimak video tentang cerita sejarah peristiwa Sumpah Pemuda yang berjudul “Bersama Jadi Bisa-Hari Sumpah Pemuda”.
Gambar 2. Siswa-siswi P5 menyimak teks ikrar Sumpah Pemuda sebelum mengikrarkannya bersama.

Selain kegiatan di atas, siswa pun menunjukkan antusiasmenya saat diajak bermain gim seputar Peristiwa Sejarah Sumpah Pemuda pada platform Quizizz. 

Gambar 3. Siswa-siswi P5 bermain gim seputar Peristiwa Sejarah Sumpah Pemuda pada platform Quizizz.

Pengalaman untuk mengikrarkan Ikrar Sumpah Pemuda pun dipraktikkan dengan sangat baik oleh para siswa. Serangkaian kegiatan ini diarahkan untuk menumbuhkan kesadaran para siswa tentang pentingnya semangat persatuan dan kesatuan untuk mencapai tujuan bersama.