
Primary 4 – IPS : Hasil Alam Indonesia
Saat belajar tentang kekayaan alam Indonesia pada pelajaran IPS, siswa belajar mengidentifkasi kekayaan alam di berbagai daerah di Indonesia, seperti batu pertama di Martapura, buah markisa dari Sulawesi, dan masih banyak lagi. Berdasarkan kekayaan alam yang sudah dipelajari itu, mereka dengan antusias mencoba menemukan dan mengidentifikasi hasil olahan yang bisa dijadikan komoditas dari kekayaan alam tersebut. Hasil identifikasi tersebut, mereka tuangkan dalam bentuk infografis yang dikerjakan secara berkelompok. Siswa bekerja sama mencari gambar dan informasi yang relevan dengan kekayaan alam di provinsi yang mereka pilih. Setelah selesai membuat infografis, siswa P4 mempresentasikan infografis tersebut di depan kelas.
Kegiatan ini mampu mendorong siswa untuk berpikir kritis, kreatif, serta meningkatkan kepercayaan diri saat mempresentasikan hasil karya di depan kelas. Selain itu, mereka juga belajar gotong royong saat mengerjakan infografis bersama. ***




