PRASETYO LUKMONO

GURU KELAS 1

Nama saya Prasetyo Lukmono, murid-murid memanggil saya Mr Tyo. Saya bergabung dengan Focus Independent School sejak tahun 2012. Saat ini saya mengajar di Kelas 1.

Mengajar anak-anak usia 6-7 tahun sangatlah menantang, Pada usia ini anak-anak sedang berlatih sekolah dan berlatih belajar lebih lama di sekolah. Tidak bisa dipungkiri mereka lebih antusias bermain daripada belajar. Saya masih ingat di hari-hari pertama mereka sekolah, anak-anak kelas satu biasanya akan bertanya, “Mr Tyo, makannya kapan?”. “Mr Tyo, kapan bermainnya?”, “Mr Tyo, mengapa belajarnya lama sekali?” Pertanyaan-pertanyaan itu hampir setiap tahun saya temui. Tentunya saya harus bijaksana, kreatif dan make sense dalam menjelaskan kepada anak-anak. Sejak dini anak-anak harus dilatih reasoning yang tepat. Penjelasan harus logis dan realistis

Kecintaan saya terhadap siswa-siswi di FIS sangat besar. Oleh sebab itu saya selalu memunculkan inovasi-inovasi dan strategi mengajar terbaik supaya anak-anak antusias belajar dan bisa mengalami state of flow. State of flow adalah suatu keadaan fokus optimal dimana anak-anak sangat siap dan senang menerima materi pelajaran. Dampaknya, anak-anak akan mudah memahami pelajaran. FIS menerapkan konsep understanding, bukan memorising.

Hal yang paling saya sukai di FIS adalah team work yang sangat solid. Semua komponen FIS, yaitu leaders, guru-guru, supporting team bahu membahu untuk memberikan pendampingan secara total kepada semua murid FIS. Sebagai guru, dukungan moral ini membuat saya semakin bersemangat untuk memberikan bagian terbaik dari diri saya untuk anak-anak.