marcelina puspita

guru ips & pkn kelas 6

Nama saya Marcel, saya guru IPS dan PPKn di kelas 6. Tahun sebelumnya saya mengajar mata pelajaran yang sama di kelas 4. Saya sangat menyukai profesi saya sebagai guru. Profesi ini membuat hidup saya berwarna, membentuk saya menjadi pribadi yang senang belajar, memiiki sikap positif, bisa menyelesaikan masalah yang rumit, dan yang paling menyenangkan, saya bisa mengenal karakter anak-anak yang beraneka ragam. Mengenal dan berinteraksi dengan anak-anak membuat saya awet muda. Meskipun saya guru bagi anak-anak, namun saya banyak belajar dari mereka. Mereka membentuk saya menjadi diri saya yang sekarang. Setiap hari saya selalu memikirkan bagaimana membuat anak-anak senang belajar dan mendapatkan pengalaman terbaik di kelas saya.

Menurut saya guru yang ingin berhasil di kelas harus memiliki wawasan yang luas. Hal ini karena guru akan memberikan ilmu pengetahuan kepada siswanya. Jika pengetahuan guru sedikit, maka siswa akan mendapatkan lebih sedikit. Oleh sebab itu guru yang malas belajar akan mencetak murid yang lebih malas belajar. Selain wawasan yang luas, kemampuan interaksi dan ekspositori yang baik juga harus dimiliki oleh guru supaya siswa mendapatkan meaningful learning.

Di FIS selalu ditekankan bahwa guru tidak bekerja sendiri melainkan bekerja secara tim. Seorang guru harus mampu berinteraksi dengan rekan kerja, kepala sekolah, koordinator kurikulum, dan orang-orang dilingkungan sekolah. Saya banyak belajar dari interaksi saya dengan orang lain, terutama orang-orang di lingkungan sekolah.