ISNAINI

GURU FISIKA – LEVEL SECONDARY

Nama saya Isnaini. Murid-murid saya memanggil saya Miss Ira. Beberapa ada yang memanggil Miss Ira Guru IPA.

Menjadi guru adalah pekerjaan yang sangat saya syukuri dan saya sukai, Mengapa? Karena saya bisa menjadi bagian dari perjalanan pertumbuhan anak-anak. Bertumbuhnya anak-anak artinya anak-anak mengembangkan potensi dan membekali dirinya menjadi manusia yang lebih baik dari waktu ke waktu.

Karena saya mengajar di upper level tak jarang saya berperan sebagai filter bagi anak-anak. Usia mereka yang berada pada masa peralihan tentunya memerlukan pendampingan yang friendly supaya mereka mendapatkan masukan yang baik dan berguna. Anak-anak juga harus memiliki referensi yang tepat dan benar. Pun mereka harus sensitif terhadap hal-hal yang harus diperbaiki dan dioptimalkan.

Lalu apa andil guru IPA? Belajar IPA tidak hanya belajar tentang hukum gravitasi, atau belajar menghitung kecepatan buah kelapa jatuh dari pohonnya. Tetapi belajar IPA sesungguhnya mengasah kita menganalisis fenomena, sensitif terhadap keadaan sekitar, menumbuhkan empati dengan masalah yang terjadi di sekeliling, melakukan kalkulasi dan eksperimen sebelum mengambil keputusan, serta mengikuti serentetan proses berpikir. Nah, itulah andil guru IPA di sekolah, yaitu membentuk sistem berpikir anak.

Saya senang menjadi bagian dari pengajar di Focus Independent School. FIS adalah sekolah terbaik yang selalu memberikan kesempatan pada guru-gurunya untuk terus mengembangkan diri supaya semakin berkualitas. Dampak dari pengajar yang berkualitas adalah murid-muridnya memiliki kualitas yang sangat baik.